Peta Siapa Calon Presiden 2014

Ani Yudhoyono Capres Terkuat Demokrat.
Kamis, 27 October 2011 14:46

JAKARTA (Lampost.Com): Partai Demokrat mengusung sejumlah nama untuk menjadi calon presiden 2014. Salah satu nama yang paling kuat adalah istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono. “Apa pun Ibu Ani. Dia juga termasuk founding father Partai Demokrat, dia juga pernah jadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat,” ujar Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat Ruhut Sitompul kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (27-10). Calon lain yang konon menjadi andalan Demokrat adalah Joko Suyanto dan Pramono Edhie Wibowo.

Sah-sah Saja Ani Yudhoyono Dicalonkan Jadi Capres

INILAH.COM, Bandung, Rabu, 26 Oktober 2011 | 15:33 WIB – Juru Bicara Presiden, Julian A Pasha, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berniat mendorong anggota keluarganya untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2014. Namun, Julian mengatakan, SBY mempersilakan jika ada pihak yang menyalonkan anggota keluarganya seperti Ibu Negara Ani Yudhoyono sebagai capres nanti. “Kalau dicalonkan, ada pihak-pihak yang menganggap ada yang dianggap pantas sebagai capres ya itu sah-sah saja,” ujar Julian di kawasan PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2011).
http://www.lampungpost.com/berita-ut…-demokrat.html
http://nasional.inilah.com/read/deta…an-jadi-capres

Hatta Rajasa akan mencalonkan diri di Pilpres 2014
Kamis, 27 Oktober 2011 | 16:59 WIB

Skalanews – Nama Hatta Radjasa memang tidak muncul dalam survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei. Namun Partai Amanat Nasional tetap memilih Hatta Radjasa untuk maju menjadi Presiden di tahun 2014 mendatang. “Pak Hatta adalah tokoh muda, jelas dia sudah mempunyai kapabilitas yang teruji dan memenuhi kriteria sebagai presiden,” ucap ketua Bapillu PAN Viva Yoga Muladi di Gedung DPR Jakarta Kamis (27/10).

Ditambahkan oleh Viva, partainya tetap akan mengusung Hatta walaupun hasil survei tidak mencantumkan nama Hatta. Pengalaman Hatta menjadi Menko Perekonomian ialah langkah awal memimpin pemerintahan. “Yang jelas kita akan terus melakukan konsolidasi untuk terus bekerja,” terangnya. Viva juga menjelaskan kalau nantinya PAN tidak akan menggelar Konvensi untuk menjaring capres. ” tidak ada tokoh lain selain Hatta, pak Hatta terus berkembang sejak dari kader hingga menduduki jabatan menko sekarang ini,” tutupnya
http://www.skalanews.com/baca/news/8…ju-capres.html

PKS: Mahfud MD Layak Diperhitungkan Parpol
Survei SSS menyebut Mahfud MD sebagai calon wakil presiden terpopuler untuk Pemilu 2014.
Kamis, 27 Oktober 2011, 10:01 WIB

VIVAnews – Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) merilis hasil survei yang menyebut Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, sebagai calon wakil presiden paling populer untuk Pemilu 2014 mendatang. Mahfud dinilai memiliki karakter kuat, yakni jujur, tegas, dan berwibawa. Ia juga dianggap pandai, baik secara personal maupun sebagai akademisi dan ahli hukum. Mahfud sendiri menyatakan tidak pernah menyiapkan diri untuk menjadi cawapres, atau melakukan upaya-upaya pencitraan agar populer. Ia bahkan mengaku tidak ingin menduduki jabatan presiden atau wapres. “Semua mengalir saja, sebab saya tidak pernah bermimpi untuk menjadi capres,” ujarnya.

Belum lagi, kata Mahfud, dirinya saat ini tidak punya partai politik. Meskipun Mahfud sempat tercatat sebagai politisi Partai Kebangkitan Bangsa, bahkan pernah terpilih menjadi anggota DPR dari Fraksi PKB, namun ia telah melepas secara resmi segala atribut kepartaiannya sejak dilantik menjadi Ketua MK. “Saya tak punya parpol. Nanti kita lihat saja perkembangannya setelah tahun 2013,” kata dia. Mahfud sendiri mendukung isi konstitusi yang mensyaratkan calon presiden dan wakil presiden harus datang dari partai politik. Apapun, bukan berarti Mahfud tak dapat maju pada Pemilu 2014.

Partai Keadilan Sejahtera mengatakan, Mahfud sangat layak diperhitungkan oleh semua partai politik di tanah air, tanpa kecuali. “Pak Mahfud MD sangat bagus. Dahlan Iskan juga bagus. Nama Mahfud sangat layak dipertimbangkan partai-partai politik,” kata anggota Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, saat berbincang dengan VIVAnews, Kamis 27 Oktober 2011.
http://politik.vivanews.com/news/rea…tungkan-parpol

Besok, Ical Resmi Capres Golkar 2014
Kamis, 27 Oktober 2011 | 15:57 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo, mengatakan soal pengajuan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden dari Partai Golkar untuk pemilihan umum 2014 akan diumumkan besok Jumat, 28 Oktober 2011 di acara rapat pimpinan nasional. “Besok, di rapimnas,” ujar Cicip pendek sebelum mengikuti rapat kabinet paripurna di Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2011. Soal dukungan dari daerah terhadap pencalonan Ical, Cicip mengatakan, ia sudah mendengar bahwa daerah-daerah mendukung.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono, memastikan Aburizal Bakrie akan maju sebagai calon presiden dari Partai Golkar pada pemilihan umum 2014 mendatang. Ical kemungkinan besar akan maju sebagai satu-satunya calon dari Golkar. Penetapan Ical sebagai capres tidak dilakukan melalui jalan konvensi. Alasannya, kata Agung karena mekanisme konvensi sudah dilakukan dua kali dan tidak berhasil. Akhirnya, partai memutuskan untuk berorientasi pada usulan daerah. Akhirnya partai memutuskan menanyakan sikap daerah
http://www.tempointeraktif.com/hg/po…363610,id.html

Fadli Zon: Pilih Gerinda, Ya Probowo Presidennya
Kamis, 27 Oktober 2011 | 19:49 WIB

Skalanews – “Kita tidak mau masyarakat ‘membeli kucing dalam karung’. Kalau milih Gerindra ya Prabowo sebagai presidennya.” Demikian ditegaskan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Usai menghadiri acara Diskusi “Kemajemukan dalam Arena Berbangsa” di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Depok, Kamis (27/10), dia menegaskan, partainya akan mengusung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2014.

Dia menambahkan, saat ini kepemimpinan yang mempunyai karakter menjadi isu utama, karena saat ini yang hadir hanyalah politikus bukan pemimpin yang mempunyai jiwa negarawan. Fadli Zon menilai saat ini telah terjadi krisis kepemimpinan dan juga desintegrasi sosial yang menjadi ancaman bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Masyarakat saat ini banyak tidak lagi saling percaya,” ujarnya.

Prabowo unggul dengan angka 28 persen, kemudian disusul Mahfud MD 10,6 persen, Sri Mulyani Indrawati 7,4 persen, Aburizal Bakrie 6,8 persen, KH Said Agil Siradj 6 persen dan Din Syamsuddin 5,2 persen. Megawati justru berada pada posisi bawah yakni 0,3 persen, di bawah Dahlan Iskan (0,4 persen) atau di atas Chairul Tanjung (0,2 persen).
http://www.skalanews.com/baca/news/8…esidennya.html

PDIP timang Mega atau Puan capres 2014
Thursday, 30 December 2010 17:15

MEDAN – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo Kumolo menuturkan Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih diperhitungkan untuk maju sebagai calon presiden 2014. Namun, Tjahjo juga memperhitungkan kader muda seperti Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai capres dari PDIP 2014. “Sangat belum berpikir rencana strategis jangka pendek terkait capres dan cawapres 2014, namun kalau sebatas wacana pendapat ya sah-sah saja sebab PDIP mempunyai mekanisme internal sendiri terkait capres dan cawapres,” ujarnya.

Tjahjo juga mengatakan PDIP sejauh ini masih melihat situasi dan kondisi politik ke depan. Komunikasi politik juga dibangun dengan partai politik (parpol) manapun dan tidak ada yang harus diistimewakan. “Namanya komunikasi politik dengan permasalahan politik, yang dibahas bisa sama dan bisa berbeda-beda tergantung substansinya. Termasuk kebijakan pemerintah,” katanya.
http://www.waspada.co.id/index.php?o…onal&Itemid=30

————–

Dengan demikian, spekulasi siapa capres parpol yang kini memegang kekuasan, sudah sangat jelas. Tapi tetap akan ditentukan oleh hasil Pemilu 2014 kelak. Bila persyaratan minimal thereshold adalah 4% maka kemungkinan parpol gurem seperti PKB, PAN, HANURA, Gerindra akan masuk kotak. Bahkan bisa saja PKS akan katut pula kalau melihat trend kecendrungan pemilkihnya yang akjan banyak lari dan masuknya generasi muda baru. Yang tersisa adalah PPP sebagai simbol parpol Islam dengan perolehan suara diperkirakan mencapai 20% sampai 25%; Lalu Golkar yang diperkirakan memenangi pemilu 2014 dengan perkiraan perolehan 35% suara. PDIP yang akan mendulang suara sekitar 30%. Sisanya Demokrat yang terpuruk paling buncit, diperkirakan hanya memperoleh maksimal 15% suara di Pemilu 2014 nanti itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: