Impor Singkong, Apa Kata Dunia?

Kedaulatan pangan bangsa Indonesia terinjak-injak akibat ulah orang Indonesia sendiri.

Jakarta, PelitaOnline — SUNGGUH ironis bangsa ini, singkong yang menjadi makanan pokok ketiga masyarakat setelah beras dan jagung, negara justru memperoleh bahan makanan itu melalui impor dari Cina dan Italia.

“Apa kata dunia, singkong pun kita impor?” ujar Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih bertanya-tanya saat dihubungi PelitaOnline, Kamis (6/10) .

Menurut data SPI, dari Januari hingga Juli 2011 , Indonesia telah mengimpor ubi kayu sebanyak 5,7 ton dengan nilai USD 32 ribu (Rp 287 ,8 juta). Italia menjadi negara pengimpor termahal dengan nilai sebesar USD 20.640 (Rp 185 ,6 juta), sedangkan Cina menjadi negara penyuplai ubi kayu terbesar yakni 2,96 ton yang bernilai USD 1.273 atau sekitar Rp 11 ,4 juta.

“Kebijakan impor kita sudah gila dan merugikan masyarakat, kebijakan ini sudah terjadi sejak penandatangan Letter of Intent pada tahun 1998 saat terjadi krisis, dan kebablasan sampai sekarang,” tegas pria berusia 47 tahun itu.

Henry menegaskan kedaulatan pangan bangsa Indonesia terinjak injak akibat ulah orang Indonesia sendiri, padahal kedaulatan pangan adalah hak setiap bangsa dan setiap rakyat untuk memproduksi pangan secara mandiri dan hak untuk menetapkan sistem pertanian, peternakan, dan perikanan tanpa adanya sub-ordinasi dari kekuatan pasar internasional.

Kedaulatan pangan merupakan prasyarat dari ketahanan pangan (food security). Mustahil tercipta ketahanan pangan kalau suatu bangsa dan rakyatnya tidak memiliki kedaulatan atas proses produksi dan konsumsi pangannya.

“Oleh karena itu merupakan suatu keharusan bagi setiap bangsa dan rakyat untuk dapat mempunyai hak dalam menentukan makanan yang dipilihnya dan kebijakan pertanian yang dijalankannya, kapasitas produksi makanan lokal di tingkat lokal dan perdagangan di tingkat wilayah.”

http://www.pelitaonline.com/read/eko…pa-kata-dunia/

beras impor, garam impor, singkong impor..

Koruptor diekspor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: