content provider Laporkan Balik Korban SMS Sedot Pulsa

PT Colibri Networks sebagai penyedia layanan konten atau content provider (CP) mengklaim sudah menjalankan layanannya sesuai prosedur tanpa merugikan konsumen. Merasa tidak bersalah, PT Colibri melaporkan balik ke polisi konsumen yang menuduhnya perampok pulsa.

“Sebelum proses beliau (Feri Kuntoro, korban SMS sedot pulsa) berlanjut, kami laporkan balik ke Polres Jakarta Selatan atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik,” ujar kuasa hukum PT Colibri Andri W Kusuma dalam jumpa pers di Cafe Tee Box, Jl Wijaya, Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Andri mengatakan laporan tersebut tertuang dalam surat LP/1565/B/X/2011/PMJ/Resjaksel. Pasal yang dilaporkan adalah pasal 310, 311 dan 335 tentang pencemaran nama baik dan fitnah.

“Klien kami mendapatkan di sejumlah media cetak maupun online ada disebutkan telah terjadi penipuan melalui layanan SMS premium dengan nomor *933*33#. Akibatnya klien kami mengalami kerugian berupa tercemar nama baiknya dan dari segi bisnisnya,” imbuh Andri.

“Klien kami dalam menjalani SMS premium telah mematuhi aturan berdasarkan hukum yang berlaku. Karena dimaksudkan layanan tambahan pelanggan operator selular, dalam menjalankan layanan tersebut klien kami bekerja sama dengan operator selular dan wajib mendapat persetujuan bakan diaudit oleh operator,” ungkapnya.

Andri menegaskan bisnis konten berbeda dengan pencurian pulsa. Dia justru menuding ada pihak-pihak yang menjadi penumpang gelap di tengah ramainya pemberitaan penipuan transfer pulsa dan uang.

“Ini ada penumpang gelap yang memafaatkan situasi ini termasuk bisnis konten. Bisnis kami tidak bisa tidak menyedot pulsa, kecuali ada izin operator. Operator pasti menjaga etika norma yang berlaku. Kami tegas bisnis konten berbeda degan pencurian pulsa. Apakah menyediakan layanan RBT, konten film, data melanggar hukum? Tidak. Tentu ada price yang harus dibayar,” tuturnya.

Menurutnya setiap konsumen mengetahui bahwa setiap layanan yang ditawarkan pasti berbayar. Dan konsumen sadar telah melakukan pendaftaran (registrasi) untuk mendapatkan layanan tersebut.

“Dari iklan ini harusnya sudah mengerti, saat dia registrasi tidak langsung di-charge, ada notifikasi dulu. Kita ada record-nya, apapun yang dilakukan kosumen terekam dengan baik,” paparnya.

Andri membantah jika dikatakan bahwa konsumen sering mengalami kesulitan dalam melakukan pembatalan pendaftaran (unreg). Setiap hal yang dilakukan konsumen dalam melakukan permintaan layanannya terekam dengan baik.

“Kalau tidak bisa unreg tidak mungkin. Kalau tidak bisa, operator akan menghukum kami. Operator adalah polisi bagi kami, semua data kami ada di sana,” kata Andri.

Andri mengakui pihaknya tidak melakukan upaya komunikasi untuk menjelaskan duduk permasalahan. PT Colibri juga menutup jalan damai dengan Feri Kuntoro.

“Tidak (berdamai), masyarakat harus belajar dari kasus ini. Jadi jangan mengeneralisir masalah,” ujar dia.

Seperti diketahui, warga Matraman, Jakarta Timur, Feri Kuntoro (36) melaporkan SMS konten yang dikirim melalui salah satu provider terbesar di Indonesia ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya, Rabu (5/10) siang kemarin. Gara-gara SMS konten tersebut, Feri mengaku tersedot pulsanya setiap hari.

Pulsa korban tersedot sejak Maret 2011 setelah mengikuti registrasi undian yang diselenggarakan salah satu content provider melalui tayangan televisi. Namun, ketika korban hendak berhenti berlangganan layanan SMS konten tersebut tidak dapat dilakukan.

Korban pun sempat melaporkan hal itu ke pihak operator, namun tidak mendapat jawaban memuaskan. Hingga masalah ‘pencurian’ SMS konten ini merebak dengan berbagai gerakan, korban lantas melapor ke Polda Metro Jaya.

Berhati2lah menjadi konsumen, jangan sampai kerampokan … karena menuntut kembali itu mahal resikonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: