Sering Alami Kecelakaan, Menhub Tinjau Ulang Kelaikan Toyota AVANZA

Sering Alami Kecelakaan, Menhub Tinjau Ulang Kelaikan Toyota Avanza
Senin, 12 September 2011 | 13:59 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Menteri Perhubungan Freddy Numberi akan mengevaluasi kelaikan mobil Toyota Avanza atas seringnya mengalami kecelakaan di jalan tol.

Seperti diberitakan, mobil jenis Avanza beberapa kali mengalami kecelakaan di jalan tol Cipularang. Salah satunya kecelakaan yang dialami, artis Saipul Jamil hingga menewaskan istrinya. “Ada yang bilang mobil Avanza itu harus dievaluasi karena kecelakaan semua kan mobil Avanza,” kata Fredy di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/9/2011).

Saat ditanya mengenai evaluasi tol Cipularang sendiri, Fredy mengatakan masih menunggu masukan Kementerian Pekerjaan Umum. “Kita masih menunggu masukan tapi menurut mereka karena geomterisnya yah tapi itu kan lebih banyak saran dari PU,” katanya.

Sementara pihak Kementerian Perhubungan, kata Fredy, hanya akan menambah rambu-rambu lalu lintas untuk meningkatkan kewaspadaan batas kecepatan pengemudi. “Kalau saya mungkin mau menambah rambu-rambu, misalnya rambu kecepatan. Tinggal kita menunggu dari tim, saya sudah menyuruh staf Dirjen Darat untuk turun,” tandasnya.
http://metropolitan.inilah.com/read/…-toyota-avanza

Sering Alami Kecelakaan, Benarkah Avanza Mobil Sambar Nyawa?

Selasa, 13 September 2011 | 16:02 WIB
INILAH.COM, Jakarta – Seringnya kecelakaan terjadi yang dialami mobil Toyota Avanza membuat Menteri Perhubungan Freddy Numberi berencana akan meninjau kelaikannnya. Dalam sebulan, tercatat tiga Avanza mengalami kecelakaan di Tol Cipularang dan Padang. Salah satu korban tewas adalah Virgiana Angraeni, istri pedangdut Saipul Jamil. Akibatnya, Avanza dianggap sebagai mobil ‘Sambar Nyawa’.

Pemerhati otomotif menilai, berbagai kecelakaan yang dialami Toyota lebih disebabkan karena faktor human error ketimbang technical error. “Sebenarnya sih tidak ada masalah dengan mesin Avanza, karena desain mesin sudah diciptakan sesuai standar. Tapi kalau mobil itu disebut-sebut sering kecelakaan, faktornya ada di si pengemudinya sendiri,” kata Joni, mekanik bengkel mobil Argira di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (13/9/2011).

Menurutnya, kecelakaan di jalan raya bisa terjadi karena dua faktor yaitu dari pengemudinya sendiri dan kondisi jalannya. Sehingga tidak bisa dikaitkan dengan mobil yang digunakannya. Karena setiap kendaraan sudah didesain sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan konsumen.

Pengemudi seharusnya melakukan pengechekan terhadap mobil yang akan dikendarai, terutama ban dan shock braker-nya.
Selain itu, kondisi jalan juga sangat mempengaruhi laju stabilnya kendaraan tersebut. “Kalau salah satu ban ada yang kempes saat dikendarai, tentu bahayanya akan fatal. Mobil yang dikendarai bisa saja tiba-tiba oleng, karena tidak seimbang. Karena itu penting untuk dilakukan pengechekan terlebih dahulu sebelum lakukan perjalanan,” tambahnya.

Apalagi mobil Avanza paling banyak diminati oleh penyewa rental mobil. Sehingga kecil kemungkinan bagi si penyewa untuk mengechek terlebih dahulu mobil yang akan digunakan tersebut.

Hal senada juga dikatakan pemilik bengkel mobil Fajar Kalimantan, Michelle. Namun ia menambahkan peminat mobil Toyota Avanza terbilang cukup besar dan bersaing dengan mobil keluarga lainnya seperti Daihatsu Xenia. Sehingga ada kemungkinan pabrikan mobil itu saling berlomba mengeluarkan produknya. “Penjualan mobil keluarga dengan harga terjangkau bisa dibilang kejar tayang. Jadi mereka saling berlomba untuk mengeluarkan produknya,” tambahnya.

Seperti diberitakan, Menteri Perhubungan Freddy Numberi akan mengevaluasi kelaikan mobil Toyota Avanza atas seringnya mengalami kecelakaan di jalan tol. “Ada yang bilang mobil Avanza itu harus dievaluasi karena kecelakaan semua kan mobil Avanza,” kata Fredy di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/9/2011). “Ada yang bilang mobil Avanza itu harus dievaluasi karena kecelakaan semua kan mobil Avanza,” kata Fredy di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/9/2011).

Selain sering kecelakaan, AVANZA juga Favorit bagi Maling Mobil …
Aneh, Tiga Mobil Avanza Hilang Sekaligus Dari Tempat Parkir Bandara Soetta
Selasa, 4 Oktober 2011 – 12:47 WIB

TANGERANG (Pos Kota)- Tiga unit mobil Toyota Avanza hilang di area perparkiran Terminal 1A, 1B dan 1C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. Anehnya, ketika dicek di data komputer Secure Parking, mobil-mobil tersebut masih terdata ada di lokasi.

Menurut Humas Polda Metro Jaya, peristiwa terjadi setelah seorang korban bernama Abdullah Irwanto, 28, karyawan Lion Air melapor ke petugas pengelola perparkiran Secure Parking, jika mobil yang dikendarainya Toyota Avanza Nopol B-1582-NFU telah hilang.

Menurut keterangan Abdullah Irwanto, ia memarkirkan kendaraannya di lokasi pada Jumat (30/91), korban kemudian berangkat ke Surabaya. Pada Senin (3/10/2011) sekira pukul 22:00 WIB, korban kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Setelah tiba, korban menuju kantor Lion Air untuk mengisi Absensi selanjutnya pergi makan ke restoran .

Usai makan, korban menuju ke area perparkiran bermaksud mengambil mobilnya. Namun setelah berusaha mencari, korban tidak menemukan mobilnya. Ia pun menanyakan ke petugas Secure Parking. Dari data komputer, mobil korban masih ada di lokasi. Korban bersama-sama petugas Secure Parking mengecek ke lokasi tetapi tidak juga ditemukan.

Setelah Abdullah Irwanto melaporkan kehilangan mobilnya, pada saat yang bersamaan disusul dengan laporan dua orang korban yang juga kehilangan mobilnya. Kedua korban itu adalah Pask Suarta, 53 , yang kehilangan Toyota Avanza B-1308-PFN dan Mohamad Nazmi, 40, yang kehilangan Avanza Nopol F-1665-CG.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Kini petugas tengah melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan beberapa saksi. Polisi menduga pelaku adalah orang dalam perparkiran.
http://www.poskota.co.id/berita-terk…bandara-soetta

————

Karena gampang mengalmi kecelakaan, dan paling sering dicuri, makanya perusahaan assuransi juga pasang premi tinggi kalau AVANZA diassuransikan ke perusahaan assuransinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: