Pembubaran KPK Bukan Hal Baru di PKS

Pembubaran KPK Bukan Hal Baru di PKS


JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, usulan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah lama mengemuka di internal partai tersebut. Salah satu politisi PKS, Fachri Hamzah, telah berkali-kali mengutarakan hal tersebut.

Anis mengatakan, usulan tersebut tak perlu ditanggapi secara berlebihan. Alasannya, Indonesia adalah negara demokrasi. Banyak orang yang mengkritik DPR dan bahkan mewacanakan Badan Anggaran DPR RI.

“Jadi, kenapa orang begitu sensi (sensitif) dengan masalah ini?” kata Anis kepada para wartawan di sela-sela acara Hari Ulang Tahun ke-66 TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Anis mengatakan, PKS tak khawatir pernyataan Fachri akan menurunkan citra PKS. Pernyataan Fachri, yang juga anggota Komisi III DPR RI, berkaitan dengan evaluasi perjalanan KPK sebagai sebuah lembaga negara yang berdiri 9 tahun lalu. Pernyataan itu, kata Anis, juga bukan disebabkan oleh adanya masalah pribadi Fachri terhadap KPK. “Kalau dia punya masalah pribadi (dengan KPK), mana berani dia kritik KPK,” ujar Anis.

Menurut Anis, PKS memberikan kebebasan kepada kadernya untuk melontarkan pernyataan. PKS tak akan memberikan teguran kepada Fachri. “Kita memberikan kebebasan kepada individu untuk memberikan ijtihad sesuai dengan bidang tugas masing-masing dan beliau tidak sekali ini bicara soal itu. Sudah sering sejak beliau di Komisi III. Itu biasa saja,” kata Anis.

Saat rapat konsultasi antara DPR dan aparat penegak hukum, yaitu KPK, kepolisian, dan kejaksaan, pada Senin (3/10/2011) lalu, Fachri sempat mengeluarkan wacana tentang pembubaran KPK. Ketua KPK Busyro Muqoddas melihat ada indikasi bahwa pernyataan Fachri itu merupakan sikap Fraksi PKS. Pada saat Fachri menyampaikan pendapat itu, terdapat pimpinan Fraksi PKS dalam rapat tersebut dan mereka tidak menegurnya.

Fachri menegaskan, adalah hak pribadinya untuk bersikap kritis terhadap siapa pun. “Jangankan ke KPK, saya juga kritis kepada Presiden Yudhoyono jika memang ada yang perlu dikritisi,” ujarnya.

Fachri juga menyesalkan pandangan seperti mereka yang berseberangan dengan KPK adalah pencuri dan kritik terhadap KPK merupakan serangan balik para koruptor. “Pandangan itu tidak benar,” katanya.

http://nasional.kompas.com/read/2011…al.Baru.di.PKS

Komisi III Sering Bicarakan Soal Pembubaran KPK

Benny K Harman Bela Fahri Hamzah
Komisi III Sering Bicarakan Soal Pembubaran KPK

INILAH.COM, Jakarta – Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah sering diungkapkan dalam rapat-rapat internal Komisi III.

Benny menganggap wajar apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Fahri Hamzah. “Dalam rapat Komisi III itu (wacana pembubaran KPK) biasa dibicarakan,” ujar Benny di Gedung DPR, Rabu (5/10/2011).

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Fahri Hamzah tentang pembubaran KPK sudah pernah diutarakan oleh Ketua DPR Marzuki Alie. Sehingga hal itu dianggap wajar sebagai bentuk hak asasi dalam menyatakan pendapat.

Meski begitu, Benny mengaku sampai hari ini Komisi III tidak mempunyai rencana apapun terkait wacana tersebut. Karena wacana pembubaran KPK itu hanya berujuk kepada niatan DPR untuk membuat KPK lebih baik lagi.

“Siapa yang punya rencana (pembubaran KPK). Pak Marzuki sudah ngomong, Fahri sudah ngomong seperti, apa salahnya. Itu kan hak menyatakan pendapat dan itu hak azasi, tentu ada argumentasi dan alasannya,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Ketua Komisi III DPR Fahri Hamzah tidak percaya dengan keberadaan lembaga superbody seperti KPK. Fahri menginginkan KPK dibubarkan.

Beberapa kali Fahri mengungkapkan pendapatnya soal pembubaran KPK. Terakhir, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut mengatakannya di hadapan pimpinan KPK dalam rapat konsultasi di Gedung DPR, Senin 3 Oktober 2011. [bar]

sumber

Teryata PKS pilih aman dgn mengatakan itu pendapat pribadi dan g ada teguran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: