Hati-hati Ditawari Komplek Perumahan Murah-Meriah, Modus Penipuan Baru

Tipu 78 Pemesan Rumah, Polres Sidoarjo Tangkap Bos Perumahan Abal-abal
Selasa, 04 Oktober 2011 13:36:57 WIB

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kalau anda menginginkan rumah baru dari sebuah pengembang properti, harus teliti dan secermat mungkin. Jika tidak, akan senasib dengan 78 pemesan rumah di PT Heeka Group Jalan Raya Tropodo no 54 Krian Sidoarjo, selaku pengembang perumahan Pesona Mustika di Desa Seketi Balongbendo.

Rumah yang dipesan konsumen, tak kunjung teralisasi dan fiktif adanya. Padahal masing-masing pemesan sudah menaruh atau membayar uang muka antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.

Akibat perbuatan itu, Erna Mustika selaku Direktur PT Heeka Group diringkus oleh Satreskrim Polres Sidoarjo. Sayang, Hendrik suaminya selaku Direksi dalam bisnis tipu-tipu itu, berhasil kabur dan kini buron dari kejaran petugas.

Menurut Kapolres Sidoarjo AKBP Eddy Hermanto dari penipuan itu, pelaku mendapatkan setoran uang muka dari konsumen, senilai Rp 800 juta. ”Uang itu kini dibawa kabur Hendrik suami Erna. Bukti-bukti kwitansi setoran uang muka para korban, berhasil kami amankan,” ujarnya Selasa (4/10/2011).

Dari hasil penyelidikan, PT Heeka Group belum mendapatkan ijin dari Depkumham, ijin lokasi dan IMB. ”Tanah seluas kurang lebih 2,7 hektar itu juga fiktif. Petani hanya diberi uang muka Rp 1 juta yang kemudian ada pembatalan,” terang mantan Kapolres Trenggalek itu.

Dia juga menegaskan, dalam kasus ini petugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti. Seperti separangkat komputer, brosur perumahan, maket perumahan dan kwitansi pembayaran uang muka dari para korban. ”Pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP Subd 372 KUHP atau pasal 154 UU RI no 01 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan pemukiman,” tukas Edi
http://www.beritajatim.com/detailnew…ahan_Abal-abal

Hati-hati Penipuan Jual Beli Perumahan Fiktif
4/10/2011 14:30 WIB

Widodo – Sidoarjo, Sekitar 78 orang menjadi korban penipuan jual beli perumahan fiktif, dengan nilai kerugian mencapai Rp 800 juta. Demikian dikatakan Kapolres Sidoarjo, AKBP Edy Hermanto, Selasa (4/10).

Jajaran Polres Sidoarjo telah berhasil mengungkap penipuan penjualan perumahan fiktif. Sekitar 78 orang menjadi korban penipuan dalam kasus usaha property fiktif yang berlokasi di Desa seketi Balung Bendo Sidoarjo ini.

Penipuan ini dilakukan oleh sepasang suami istri yang berinisial EN selaku direktur pengembng PT SK Grup dan suaminya berinisial H yang menjabat sebagai komisaris.

Kronologis penipua, tersangka menawarkan sebuah area perumahan kavling di wilayah strategis di daerah Balung Bendo Sidoarjo. Untuk menarik minat konsumen, pengembang juga memasang iklan di beberapa media massa dan juga menyebarkan brosur.

Namun setelah sebagian besar korban telah melunasi uang booking kavling dan uang muka, belum juga ada realisasi pembangunan di lokasi perumahan tersebut. Korban yang tertipu melaporkan penipuan ini kepada jajaran Polres Sidoarjo.
http://www.elshinta.com/v2003a/readnews.htm?id=111901

———–

Ini saran saja untuk calon pembeli rumah di sebuah komplek perumahan, selain modus menawarkan harga rumah yang murah meriah tanda-tanda penipuan itu, anda bisa menchek langsung ke Instansi pemerintah yang mengurusi masalah perizinan pembangunan komplek perumahan di suatu wilayah, misalnya Dinas Tata Kota Pemda, atau Bagian Perizinan Bangunan, atau ke Badan Pertanahan Nasional di daerah ybs. Tanyakan saja, apakah Developer XYZ betul sedang membangun komplek perumahan di wilayah ybs. Jangan tanyakan ke pihak Kelurahan atau Kecamatan, sebab mereka tak tahu, dan kalau pun tahu ada rencana itu, biasa kabarnya mereka peroleh dari si investor siluman ybs yang tentu sudah lebih awal ‘melobby’ Pak Lurah atau Pak Camat atau Pak RW di wilayah itu

One Response to Hati-hati Ditawari Komplek Perumahan Murah-Meriah, Modus Penipuan Baru

  1. rsisakinah says:

    RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO
    Jalan RA Basuni 12 Sooko
    Kabupaten Mojokerto
    Jawa Timur indonesia
    Phone: (0321) 321922, 326991, 329669. Sms:085648280307
    Fax: (0321) 329670
    Email: rsisakinah@telkom.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: