Fahri Hamzah ‘Dendam Lama’ ke KPK?

PDIP: Ide Pembubaran KPK Terlalu Jauh
Selasa, 04/10/2011 18:06 WIB

Jakarta – Ketua DPP PDIP yang juga anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan menilai ide pembubaran KPK tak relevan. Ide yang dilontarkan Wakil Ketua Komisi III DPR Fahri Hamzah itu dinilai terlalu jauh. “Tidak sampai pada pernyataan yang seekstrim itu ya. bahwa kita mengkritik KPK soal kinerjanya, iya. Tapi KPK ini harus tetap berada pada relnya,” ujar mantan Wakil Ketua Komisi III DPR ini kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2011).

Menurut Trimedya, dalam rapat di Komisi III juga kritik kepada KPK masih terukur. Tidak sampai mengarah pada pembubaran KPK. “Saya tidak melihat hal yang luar biasa yang dilakukan, paling Pak Fahri yang masih menyatakan soal pembubaran,” tuturnya.

Meski demikian ia mengaku perlu evaluasi internal KPK. Menurutnya sampai saat ini belum jelas roadmap pemberantasan korupsi di tubuh lembaga antikorupsi tersebut. “Ya kita lihat KPK juga tidak fokus soal pemberantasan korupsi, kalau itu sih kita lihat. Apakah memang hanya KPK lembaga superbodi seperti itu dengan kewenangannya, kan kami tidak lama akan bahas RUU kejaksaan. Nanti kita berikan saja kepada mereka kompetisi, dengan kewenangannya dan anggarannya,” paparnya.

Namun sekali lagi Trimedya menjelaskan ide pembubaran KPK terlalu jauh. Ide tersebut seharusnya tidak dilontarkan anggota Komisi III DPR. “Tapi membubarkan KPK itu terlalu jauh. kita saat ini masih memerlukan KPK. Kita mengkritisi KPK, kita melihat bahwa KPK ini tidak fokus. Makanya sampai sekarang main selancar soal Century,”tandasnya.
http://www.detiknews..com/read/2011/…auh?n991102605

Alasan Fahri Hamzah Ingin Bubarkan KPK
Fahri Hamzah menilai KPK seharusnya berusia hanya tiga tahun saja seperti KPK di Hongkong.
Selasa, 4 Oktober 2011, 10:51 WIB

VIVAnews – Dalam rapat konsultasi Pimpinan DPR dengan sejumlah penegak hukum, anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan. Apa alasan legislator asal Fraksi PKS ini? “KPK gagal menjawab delapan tahun untuk menangani korupsi sistemik padahal DPR sudah memberikan dukungan luar biasa,” kata Fahri kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Selasa 4 Oktober 2011.

Dia menilai KPK seharusnya berusia hanya tiga tahun saja seperti KPK di Hongkong dengan tugas pembenahan sistem. “Penindakan hanya satu hal saja, yang lain, supervisi dan koordinasi,” jelasnya. Sementara, lanjut Fahri, KPK sudah hampir sembilan tahun mengacak-acak lembaga dan orang.

Sebelumnya, Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera, Surahman Hidayat, membantah pernyataan kadernya Fahri Hamzah. Menurut Surahman, PKS tidak pernah mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi. “Itu pernyataan pribadi saja, PKS tidak pernah berpikiran membubarkan KPK,” kata Surahman. Menurut Surahman, sikap PKS sangat jelas terhadap pemberantasan korupsi. PKS akan mendukung semua lembaga yang melakukan pemberantasan korupsi. “Kalau ada korupsi di KPK juga harus diberantas. Kami menyatakan perang terhadap korupsi,” ujarnya. Surahman menegaskan, PKS tidak pernah berpikir membubarkan KPK. Bahkan wacana tersebut tidak pernah dibahas dalam rapat Majelis Syuro. “Jadi dia [Fahri] itu berlebihan, itu bukan porsi dia,” ujarnya.
http://politik.vivanews.com/news/rea…n-bubarkan-kpk

FPKS Tolak Ide Fahri Hamzah Bubarkan KPK

Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPR Mustafa Kamal menegaskan, pihaknya tak akan mengambil ide pembubaran KPK yang diserukan oleh anggotanya yang juga Wakil Ketua Komisi III, Fahri Hamzah. Ide Fahri pun dianggap sebagai pandangan pribadi anggota DPR.

“Jangan pernah lupa ya, bahwa ketika ada pembahasan undang-undang mengenai kewenangan KPK pada waktu itu kita justru yang berada di garis depan, jangan sampai ada pemangkasan kewenangan KPK,” tegas Mustafa kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2011).

Menurut Mustafa, platform PKS adalah agenda pemberantasan korupsi yang diusung dengan komitmen tinggi. Dalam perjalanannya, menurut Mustafa, memang diperlukan kritik. Namun tak sampai membubarkan KPK.

“Kemarin kan beliau bicara dalam kapasitas sebagai pimpinan Komisi III. Tentu itu merupakan bagian dari dinamika pengawasan di Komisi III yang memang tajam menyangkut evaluasi KPK,” tuturnya.

Mustafa mengatakan, fraksinya semangat dalam mengevaluasi KPK terutama penguatan fungsi KPK.

“Itu yang sekarang sedang kita coba gali dari berbagai masukan, apakah itu dari Komisi III, masyarakat, kami akan coba berikan satu formulasi yang terbaik ke depan. Sebagaimana semangat pada era reformasi dan undang-undangnya,” terangnya.

“Kita perlukan penguatan kewenangan kelembagaan KPK agar lebih definitif, efektif, lebih mampu lagi tanggulangi masalah korupsi mulai dari hulu sampai hilir, mulai dari fungsi pencegahan sampai penindakan. Perbaikan menyeluruh KPK,” tandasnya.

Meski tak sependapat dengan Fahri, tapi FPKS menolak menegur Fahri. Sebab, hal itu dianggap sebagai bagian dari demokrasi. “Sudah ada mekanismenya di partai ya. Tentu menghargai ekspresi, perbedaan pendapat, kita bukan bergaya seperti rezim Orde Baru kan. Di PKS ada dinamika juga, ada perbedaan pendapat yang diperkenankan,” tegasnya.
http://www.detiknews..com/read/2011/…h-bubarkan-kpk

PKS: Bubarkan KPK, Pernyataan Pribadi Fahri
PKS akan mendukung semua lembaga yang melakukan pemberantasan korupsi.
Selasa, 4 Oktober 2011, 06:03 WIB

VIVAnews – Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera, Surahman Hidayat, membantah pernyataan kadernya Fahri Hamzah. Menurut Surahman, PKS tidak pernah mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Itu pernyataan pribadi saja, PKS tidak pernah berpikiran membubarkan KPK,” kata Surahman saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 3 Oktober 2011.

Menurut Surahman, sikap PKS sangat jelas terhadap pemberantasan korupsi. PKS akan mendukung semua lembaga yang melakukan pemberantasan korupsi. “Kalau ada korupsi di KPK juga harus diberantas. Kami menyatakan perang terhadap korupsi,” ujarnya.

Surahman menegaskan, PKS tidak pernah berpikir membubarkan KPK. Bahkan wacana tersebut tidak pernah dibahas dalam rapat Majelis Syuro. “Jadi dia [Fahri] itu berlebihan, itu bukan porsi dia,” ujarnya.

Atas dasar itu, Surahman sudah meminta kepada Ketua Fraksi PKS, Mustafa Kamal, untuk mengingatkan Fahri karena mengatasnamakan partai terkait pembubaran KPK.

“Soal sanksi itu urusan DPP, dan saya sudah minta Pak Mustafa Kamal selaku Ketua Fraksi dan Ketua DPP untuk mengingatkan saudara Fahri. Dia mengatasnamakan lembaga, padahal dia tidak diberi mandat apapun,” ujarnya.

Wacana pembubaran KPK itu dilontarkan langsung Fahri saat DPR menggelar rapat dengan KPK. Dia menyatakan bahwa KPK perlu dibubarkan karena menjadi lembaga super. Padahal dalam upaya membangun negara demokrasi tidak boleh ada konsep superbody. “Lebih baik KPK dibubarkan, karena saya tidak percaya institusi superbody dalam demokrasi. Tidak boleh ada institusi superbody dalam demokrasi,” kata Fahri.

Sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas menanggapi ide Fahri tersebut bahwa apa yang dilakukan oleh KPK adalah menjalankan amanat undang-undang. Bila niat Fahri serius untuk membubarkan KPK, Busyro siap menghadapi. “Kami hanya melaksanakan amanat saja,” kata Busyro.
http://politik.vivanews.com/news/rea…-pribadi-fahri
—————–

Sikap Fahri Hamzah yang ‘galak’ ke KPK, seharusnya ditelusuri pula dari latar-belakang hubungan masa lalunya dengan KPK. Penulusuran ‘news investigative’ di berbagai situs media-online internet, menunjukkan di masa lalu memang ada hubungan tidak harmonis antara Fahri Hamzah dengan KPK. Misalnya Fahri pernah menyebut KPK Sesat, atau Menuding KPK Tebang Pilih dengan bukti bahwa dirinya yang menerima duit dari Menteri Kelautan periode 2002-2004, tak berani disentuh KPK. Dia juga pernah menyentil KPK via twitter karena anggaran KPK yang Rp 400 miliar tapi kerjanya tak becus; Menuding KPK mencetak koruptor semakin banyak; Menyumpahi KPK dengan sebuta ‘Go to Hell, KPK‘; Yang jadi pertanyaan: apa motif FAhri melakukan semua itu kepada KPK?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: